• Non-taxable income and the cost of office

    The cost of office is used to reduce the gross income of permanent employees who are still actively working...

  • Witholding System

    Witholding System yaitu pajak yang terutang dihitung, disetor dan dilaporkan oleh pihak lain. Pemotongan dan Pemungutan (PotPut) merupakan penerapan dari sistim perpajakan...

  • Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan

    in this article I will discuss who are authorized to make the deduction and collection as well as anyone that his tax cut by a third party...

Tuesday, December 9, 2008

Cara Scan dan Update Anti Virus (Avast)


Oke, kali ini q mw bkin tutorial bagaimana cara meng-update antivirus bai para penggona os windows. Kedengarannya aneh memang, masa tinggal update aja d bikin tutorialnya. Gitu aja Kox Repot. Yah, mungkin bagi anda yang udah biasa memakai komputer dalam kehidupan sehari2nya bukan merupakan hal yang sulit untuk mengupdate anti virus, tetapi bagi mereka yang baru mengenal komputer, tentu hal ini bukanlah hal yang mudah.

Seringkali saya ditannya oleh, om, bapak2 yang ada d kantor perihal mengupdate antivirus d komputer d rumahnnya. Oleh karena saya tidak mungkin mendatangi langsung rumahnya karena alasan jarak yang cukup jauh dari tempat saya tinggal ya..jadi saya cuma mengajari secara lisan. Hari berikutnya saya tannyakan kepada mereka, apakah anti virusnya ud d update? dan jawabnya ud bisa d tebak, belom. Entah saya yang menjelaskannya terlalu rumit sehingga tidak d mengerti, atau memang dia yang ud pikun? hehehehe.....

Dan buat adek saya yang ada d rumah, pesen kaka' anti virusnya d update ya... ni gw ajarin cara-caranya..

Okeh langsung saja,

Virus, seringkali kita dengar nama itu yang pastinya selalu memiliki arti yang negatif karena sifatnya yang merusak. Kalo virus d dalam tubuh manusia bisa mendatang kan penyakit, virus yang ada d komputerpun demikian, hanya penyakitnya saja yang berbeda. virus d komputer akan merusak (bisa juga menghapus) baik dokumen, file-file penting ataw bahkan merusak sistim kerja komputer kita, yang mengakibatkan kinerja komputer menjadi sangat lambat.

Salah satu dari beribu2 cara agar kinerja komputer anda tetap berjalan lancar, dan file2 penting anda aman dari virus, biasakan setiap kali memasukan flash disk atau media penyimpanan lain (CD/disket) agar supaya d scan terlebih dahulu sebelum anda melihat/mengkopi/membuka file file yang terdapat dalam flash disk tersebut.

Dalam tutorial kali ini, antivirus yang saya gunakan adalah avast, yang dapat anda download d website resminya disini.

Oke, berikut cara men scan flash disk yang udah d colokin ke kompor, Ow.. komputer kamsudnya.

1. Klik kanan pada tombol start yang terletak d pojok kiri bawah layar monitor anda, kemudian pilih "Explore"
explore
maka Anda akan masuk ke bagian windows explorer, dimana d bagian ini anda dapat melihat banyak folder dan file yang tersimpan di komputer anda.
Kemudian pilih drive pada flash disk anda, dalam gambar ini nama flash disk saya adalah blendunk dan berada pada drive (E:).
blendunk
Kemudian pilih pada flash disk tersebut denan menggunakan klik kanan. Kenapa pake klik kanan? yup, pertanyaan yang menarik. ini cm sedikit trik aja soalnya kalo pake klik biasa(kiri) maka isi dari flash disk anda akan terbuka padahal anda belum melakukan proses scaning pada flash disk anda sehingga d khawatirkan virus-virus cinta yang terdapat dalam flash disk anda akan menyerang komputer.

Nah, setelah d klik kanan, maka muncul banyak pilihan, pilihlah "Scan E:\" untuk memulai proses scaning pada flash disk anda.
scan

Setelah anda meng-klik pada text yang saya beri kotak warna merah tersebut, maka proses scaning akan berjalan. Jika terdeteksi pada flash disk anda terdapat virus, maka avast akan memberi peringatan. "Jangan Panik" Anda dapat menghapus file yang terinfeksi virus atau membiarkannya tanpa melakukan penghapusan.
Setelah proses Scaning selesai, Anda dapat menggunaka flash disk anda seperti biasanya.

2. Berikut ini adalah cara ke-2 untuk melakukan scaning.

Pertama, buka program avast anti virus pada komputer anda. Jika belum tau caranya sebagai berikut, klik pada menu start >> program >> avast! antivirus >> avast! antivirus.
avast
maka program avast akan terbuka.

avast
Selanjutnya klik pada bagian yang saya beri lingkaran warna merah.
maka akan terbuka direktori komputer anda yang akan anda scan.
blendunk in avast
Jika anda hendak melakukan scan pada flash disk anda, berikan tanda centang pada drive dimana flash disk anda berada. Dalam hal ini flash disk saya dengan nama belendunk berada pada drive E. Kemudian klik OK. Maka proses scaning akan berjalan seperti biasanya.
Drive-drive mana saja yang hendak anda scan, cukup dengan memberikan tanda centang pada drive tersebut dan klik OK.

Nah, Sekarang masuk pada pembahasan cara meng-update avast antivirus.

Jika komputer anda dapat terhubung ke internet, maka secara periodik secara otomatis program avast antivirus anda akan melakukan update dengan sendirinya sehingga anda tidak perlu repot untuk mengupdatenya.

Namun, jika komputer anda tidak terhubung internet, anda dapat mendownload updateannya di
http://www.avast.com/eng/update_avast_4_vps.html
atau bisa langsung anda klik disini.
update avast
Kemudian lakukan proses download dengan meng klik tombol "download".
Bila koneksi internet d warnet anda cepat maka anda akan segera mendapatkan file dengan nama "VpsUpd.exe", akan tetapi jika koneksi internet anda lambat, maka anda harus menunggu sampai proses download nya selesai.

Setelah mendapatkan file tersebut, simpanlah pada flash disk anda kemudian lakukan instalasi file "VpsUpd.exe" tersebut di komputer anda dengan cara mengklik ganda (double click) pada nama file tersebut. Proses instalasi akan berjalan dan jika sudah selesai maka akan keluar peringatan bahwa program avast anti virus anda telah terupdate dengan data base terbaru pada tanggal diwaktu anda mendownload file tersebut.

Demikian tutorial ini, jika saya kurang informatif dalam menyampaikan tutorial ini silahkan ditanya kan melalui koment. Semoga bermanfaat.

Selamat Mencoba, keep learning.

Lihat artikel lainnya :

Lirik Lagu We Will Not Go Down (Song for Gaza)

5 komentar:

Anonymous said...

tlg dijawab ya...
saya kan tiap hari online ne..
n tiap pagi selalu ada peringatan dari avast, na.. apakah kalo online kita ga perlu lagi update??
kan td bilangnya gini : "Jika komputer anda dapat terhubung ke internet, maka secara periodik secara otomatis program avast antivirus anda akan melakukan update dengan sendirinya sehingga anda tidak perlu repot untuk mengupdatenya."

jadi bingung ogut..

harno jokam said...

makasih mas Blenduk...

muhamad rifal said...

makasih gan tas infonya..sekarang guwa dah tau cara scan dan update antivirus...

Linda Kartika said...

like this (y)

ikin kherenz said...

how to offine.

Post a Comment